36 Oleh-oleh khas Lampung Paling Terkenal, souvenir, Makanan dll

Oleh-oleh khas Lampung – Lampung merupakan provinsi paling selatan di Pulau Sumatera yang juga berbatasan langsung dengan Pulau Jawa. Meskipun tidak terlalu banyak dikenal bagaikan kota liburan dan main slot mudah menang, nyatanya Lampung memiliki beragam tempat liburan dan main slot mudah menang yang menarik untuk dikunjungi.
Tidak hanya itu saja, bagaikan jalur penghubung utama sela Pulau Jawa dan Sumatera membuat Lampung kerap dilalui banyak orang yang tentang maupun dari Pulau Jawa menuju Sumatera da walaupun. Tidak heran jika banyak orang yang melalui Lampung dan mencari oleh-oleh dari Lampung.
Tersua beragam oleh-oleh dari Lampung yang bisa Kamu dapatkan ketika berkunjung atau malahan sekedar singgah di kota ini. Di mana, banyaknya ragam oleh-oleh tersebut bisa Kamu beli di ber- aneka ragam gerai maupun toko-toko di pinggir jalan.

Nah, ransum Kamu yang tertarik untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai oleh-oleh dari Lampung, nampaknya kunjungan Kamu kali ini sangat tepat. Pasalnya, pada kesempatan kali ini kita tentang mengulas mengenai hal tersebut secara lengkap di bawah ini!
Bermacam-macam Oleh-oleh khas Lampung
Berkunjung ke Lampung tanpa membawa oleh-oleh yaitu tindakan yang kurang tepat. Sebab, dengan semua makanan khas dan oleh-oleh yang dimilikinya, Lampung telah diplot bagaikan daerah yang kaya tentang makanan khas dan oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan.
Oleh sebab itu, jika Kamu berkunjung ke Lampung, usahakan untuk membeli salah satu dari sekian banyak oleh-oleh yang benar di sana.
Nah, berbicara mengenai oleh-oleh khas Lampung, bentuk dan ragamnya sendiri banget melimpah. Jadi, jika Kamu tidak suka dengan salah satu di antaranya, Kamu bisa pilih oleh-oleh yang lain.
Soal rasa dan kualitas, kamu tidak usah khawatir, sebab oleh-oleh khas Lampung ini terkenal nikmat dan mampu menggoyang beradu lidah Kamu. Tidak percaya? Yuk simak dialog dari Tempatwisataseru.com pada materi berikut.
1. Kopi Lampung
Kopi Lampung via Andal kopi lampung
Kopi Lampung bisa dibilang bagaikan oleh-oleh dari Lampung yang paling banyak diburu atau dicari ketika seseorang singgah di Lampung. Bukan tanpa sebab, Lampung diketahui merupakan salah satu daerah pemasok kopi terbesar di Indonesia.

Tidak heran jika di Lampung Kamu bisa dengan mudah menemukan kedai-kedai penjual kopi berkualitas. Salah satu merek Kopi Lampung yang paling terkenal yaitu Kopi Cap Bola Dunia yang merupakan merek kopi bubuk paling tua di Lampung.
Kalau Kamu pikir kopi luwak yaitu kopi paling nikmat dan banyak digandrungi, presepsi Kamu salah. Karena masih banyak kopi daerah yang jauh lebih nikmat dan banyak digandrungi, salah satunya yaitu kopi Lampung.
Mendaga Cuma sedap dan punya rasa yang khas, kopi Lampung juga terkenal memiliki efek yang sangat ampuh untuk menahan kantuk. Dan perlu Kamu tahu; menurut penuturan orang yang sudah mencicipinya, oleh-oleh khas Lampung ini mampu membuat orang terjaga seharian hanya dengan mengonsumsi kopi.
Nah, macam mana? Jika Kamu penyuka kopi, pastikan untuk membeli dan membawa barang ini bagaikan oleh-oleh.
Soal harga, Kamu menentang usah khawatir, sebab kopi ini dibanderol Rp 50.000,- per 500 gram (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).
Jika Kamu ingin yang lebih murah, Kamu bisa menikmati kopi Lampung langsung di kedai kopinya. Jika Kamu beruntung, Kamu bisa menikmati oleh-oleh khas Lampung ini dengan banderol Rp 10.000,- sampai Rp 30.000,- per cangkir (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Baca juga: 16 Penginapan & Hotel Murah di Pabean Lampung
2. Keripik Pisang
Keripik Pisang via IG @mayandajayafood
Selain Kopi, kini Lampung juga terkenal dengan olahan pisang yang bermacam-macam ragam salah satunya yaitu keripik pisang serbaserbi rasa. Bukan tanpa sebab jika pisang menjadi selumbar yang banyak diolah bagaikan kudapan khas Lampung.
Pasalnya, diketahui jika produksi buah pisang di Lampung memang sangat melimpah. Yang unik dari Keripik Pisang di Lampung dan membedakannya dengan daerah lain yaitu rasanya yang bermacam-macam ragam.
Di mana, jika biasanya keripik pisang disajikan dalam rasa gurih atau pedas, di Lampung keripik pisang ini ditawarkan dengan serbaserbi rasa seperti coklat, malahan keju. Selain nikmat, Keripik Pisang Lampung juga dibanderol cukup murah.

Selain rasanya yang lezat, oleh-oleh khas Lampung ini juga memiliki cita rasa dan tekstur yang menentang dimiliki keripik pisang di daerah lain. Mendaga percaya? Jika demikian, cobalah untuk datang dan nikmati keripik pisang ini.
Soal harga, Kamu menentang usah khawatir, karena keripik pisang di sini hanya dibanderol sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- per bungkus (Harga sewaktu-waktu bisa berubah). Kian, jika Kamu beruntung, Kamu bisa mendapati oleh-oleh khas Lampung ini dengan harga yang lebih murah.
Untuk mendapatkan keripik ini, Kamu bisa datang ke toko oleh-oleh yang benar di Lampung. Jika tidak, Kamu bisa sambangi ber- aneka ragam tempat liburan dan main slot mudah menang di Lampung, siapa tahu Kamu menemukan penjual panganan ini.

3. Dodol Sirsak
Dodol Sirsak via Wakuliner
Oleh-oleh dari Lampung yang selanjutnya ini mungkin tidak sepopuler Kopi Lampung ataupun Keripik Pisang Lampung. Namun, makanan yang satu ini dijamin sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ransum Kamu yang singgah di Lampung.
Dodol Sirsak merupakan dodol yang dibuat dari buah sirsak yang banyak tumbuh atau ditanam di daerah Lampung. Tidak berbeda dengan dodol yang benar di daerah lainnya, Dodol Sirsak khas Lampung ini juga memiliki tekstur yang kenyal dan lengket. Dodol Sirsak ini sangat cocok untuk dimakan sembari meminum kopi di pagi hari.
4. Lempok Durian
Lempok Durian via IG @momshee_kitchen
Lempok merupakan kudapan khas Lampung yang selumbar dasar pembuatannya dan juga teksturnya mirip degan dodol. Perbedaannya, Lempok ini biasanya dicampur dengan durian yang membuatnya memiliki bau dan rasa durian yang sangat kuat.
Ransum Kamu penggila durian, tentu sangat wajib untuk mencoba Lempok Durian ini ketika berkunjung ke Lampung. Lempok Durian yaitu satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Lampung yang wajib untuk Kamu bawa pulang. Kenapa?
Karena di samping sedap, panganan ini juga tergolong cemilan yang ramah terhadap pelaku diet. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, makanan ini menentang tentang buat Kamu gendut.
Lempok Durian sendiri yaitu kudapan yang mirip dengan dodol. Teksturnya yang kenyal cenderung lunak membuatnya mudah digigit. Karena terbuat dari durian, panganan ini juga memiliki bau durian yang khas.
Soal rasa, oleh-oleh khas Lampung ini juaranya. Karena di samping nikmat, panganan ini juga kaya tentang energi yang ampuh untuk tubuh.
Macam mana, tertarik untuk mencobanya? Jika demikian, silahkan datang ke Lampung dan bawalah Lampuk Durian bagaikan oleh-oleh. Untuk urusan harga, Kamu jangan khawatir, karena harga Lampuk Durian sendiri menentang lebih dari Rp 50.000,- untuk satu bungkusnya (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).
Kunjungi juga: Objek Liburan dan bermain slot anti rungkad Pantai Kiluan Lampung
5. Kain Tapis
Kain Tapis via IG @ritaruaidazen
Siapa yang menentang kenal dengan kain tenun khas Indonesia? Di samping indah, kain ini juga memiliki ciri khas masing-masing tiap daerahnya. Salah satunya yaitu kain Tapis, yang merupakan kain tenun khas Lampung.

Tidak kalah dengan daerah-daerah lain, Lampung juga memiliki kain khas yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Lampung. Di mana, kain tersebut bernama Kain Tapis yang memiliki motif khas Lampung dengan ciri khas flora dan fauna.
Kain Tapis ini sendiri memiliki beragam jenis seperti Kain Tapis yang dibuat dengan cara tradisional hingga yang dibuat dengan cara modern menggunakan mesin. Biasanya, Kain Tapis yang diproduksi dengan cara tradisional yakni disulam tentang dibanderol lebih mahal karena proses produksinya yang memakan waktu berminggu-minggu.
Jika Kamu berkunjung ke Lampung, menentang lengkap rasanya jika tidak melihat dan membeli oleh-oleh khas Lampung yang satu ini. Karena selain indah, perpaduan motif yang keren membuat kain ini sayang untuk dilewatkan.
Bukan hanya itu, kain ini juga menggunakan benang biasa dan emas. Hasilnya, kain ini pun punya motif yang bersinar sebagaimana emas.
Nah, untuk Kamu yang tertarik dan berniat memilikinya, bersiaplah untuk merogoh kocek yang dalam. Sebab, untuk satu lembar kain, biaya yang harus Kamu keluarkan di menurut p mengenai Rp 200.000,- (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).
6. Souvenir Gajah Lampung
Souvenir Gajah Lampung via Kerajinankhaslampung.wordpress.com
Gajah bisa dibilang bagaikan salah satu ikon ataupun kemangkakan dari warga Lampung. Bukan tanpa sebab, pasalnya di Lampung ini terdapat pusat penangkaran gajah Sumatera terbesar di Indonesia.
Tidak heran jika benar banyak souvenir yang bernuansa gajah ketika Kamu berkunjung ke Lampung. Di mana, biasanya souvenir bernuansa Gajah tersebut benar yang berupa patung, lukisan atau malahan kaos gajah Lampung.
7. Pie Pisang
Pie Pisang via IG @kuliner_lampung
Seperti yang sudah sedikit disinggung di beberapa segmen di menurut p mengenai, jika Lampung memang terkenal dengan produksi buah pisang yang sangat melimpah. Mendaga heran jika benar banyak kudapan khas Lampung yang berbahan dasar pisang.
Selain Keripik Pisang Lampung, Pie Pisang juga bisa Kamu jadikan oleh-oleh dari Lampung untuk Kamu bawa pulang ke rumah. Di mana, bisa dibilang Pie Pisang ini merupakan oleh-oleh yang cukup baru di Lampung. Kamu bisa mendapatkannya di gerai Pie Pisang yang terletak di beberapa titik di Kota Pabean Lampung.
Pie pisang ini memiliki tekstur yang lembut. Kamu pasti menyukai pie pisang ini, manalagi dengan adanya tambahan isian yang bermacam-macam ragam, mulai dari cokelat, kacang almon, keju, dan Oreo.
Untuk harga pie pisang ini biasanya mulai dari Rp 5000an yang ukuran kecil dan Rp8.500 untuk pie pisang ukuran yang lebih besar.
Oh ya, pie pisang ini tidak bisa bertahan lama, cuma bisa bertahan sela 3 – 5 hari dalam suhu ruangan normal., jadi kalau untuk dibawa jauh pie pisang tidak bisa bertahan, namun untuk sekitar Sumatera atau Jakarta masih bisa bertahan.
Kalau kamu tertarik mencoba pie pisang ini, kamu bisa membelinya di gerai Yussi Akmal yang terletak di Jalan Raya Zainal Abidin Pagar Alam arwah, Kota Pabean Lampung.
Jangan lewatkan juga: Taman Nasional Way Kambas Lampung
8. Sambal Khas Lampung
Sambal Khas Lampung via Tokopedia
Tidak hanya cemilan atau jajanan yang bisa Kamu bawa pulang bagaikan oleh-oleh dari Lampung. Kamu juga bisa mendapatkan sambal khas Lampung untuk dibawa pulang bagaikan oleh-oleh.
Di mana, Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di banyak gerai toko oleh-oleh di Kota Pabean Lampung. Tersua beragam jenis Sambal Khas Lampung yang biasanya dijual di toko oleh-oleh yang biasanya telah dikemas dalam wadah khusus. Salah satunya yaitu Sambal Ikan Peda yang menjadi salah satu sambal khas Lampung tersebut.
9. Kerupuk Kemplang
Kerupuk Kemplang via IG @ommakanom
Lokasinya yang tidak jauh dari Palembang, memang membuat Lampung memiliki kebudayaan dan makanan khas yang tidak berbeda jauh. Salah satunya yaitu Kerupuk Kemplang yang juga banyak ditemukan di Palembang.
Kerupuk Kemplang sendiri merupakan kerupuk yang terbuat dari selumbar dasar ikan, tepung sagu, telur dan juga garam. Rasa dari Kemplang ini gurih sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan atau malahan dijadikan bagaikan pendamping makanan lain seperti bakso.
Kemplang yaitu makanan khas Sumatera yang seperti dimiliki oleh ber- aneka ragam daerah di Sumatera Selatan. Sebab, menurut penelusuran kami, Kemplang bukan hanya benar di Lampung, tapi juga di Palembang dan daerah sekitarnya.
Terlepas daripada itu, Kemplang sendiri yaitu oleh-oleh khas Lampung yang sayang untuk dilewatkan. Kenapa? Karena di samping lezat, makanan ini juga banget terjangkau sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan. Selain itu makanan ini juga bisa padukan dengan makanan lain, malahan bisa dijadikan pendamping lauk sebagaimana kerupuk.
Tekstur Kemplang yang renyah membuatnya nikmat disantap bersama lauk dan nasi. Di samping itu, rasanya yang gurih dan kental dengan ikan membuatnya jadi oleh-oleh nikmat yang sayang untuk dilewatkan.

Kemplang sendiri yaitu olahan ikan yang dibalut dengan tepung dan dijadikan kudapan seperti kerupuk. Tapi jika dibandingkan dengan kerupuk, oleh-oleh khas Lampung ini memiliki cita rasa yang sangat berbeda. Wewangian dan cita rasa ikan dalam olahan ini jauh lebih terasa, malahan jika dibandingkan dengan kerupuk ikan yang dijual di pasaran.
Bukan Cuma cita rasa yang lebih kental, pengolahan Kemplang juga banget berbeda dengan kerupuk. Jika biasanya kerupuk diolah dengan digoreng menggunakan minyak, Kemplang juga disangrai menggunakan pasir bersih.
Harga Kemplang Lampung sendiri terbilang terjangkau, karna hanya dibanderol dengan harga Rp 15.000,- sampai Rp 25.000,- per bungkus (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).
10. Manisan khas Lampung
Manisan khas Lampung
Nah, oleh-oleh dari Lampung yang selanjutnya yaitu manisan buah Lampung yang beragam jenis. Manisan sendiri memang tidak hanya benar di Lampung melainkan hampir di semua daerah di Indonesia.
Namun di Lampung sendiri jenis buah yang dijadikan manisan ini biasanya cukup beragam seperti salak, pala, mangga dan buah-buahan lainnya. Selain terjangkau, manisan buah khas Lampung ini juga bisa dijadikan oleh-oleh yang tahan lama meskipun pembuatannya tanpa pengawet buatan.

Lampung juga memiliki manisan yang juga bisa Kamu jadikan bagaikan oleh-oleh. Selain rasanya yang nikmat, oleh-oleh khas Lampung ini juga dibanderol dengan harga yang murah.
Bukan hanya murah, jenis manisan di sini juga terbilang banyak. Jika Kamu ke sini, Kamu tentang mendapati manisan seperti; manisan salak, pepaya, loba-lobi dan masih banyak lagi.
Manisan di Lampung sendiri biasa santap bagaikan hidangan pembuka dalam kegiatan keluarga dan hari raya. Di luar itu, manisan Lampung biasa dikonsumsi bagaikan cemilan. Tapi terlepas daripada itu, manisan Lampung sendiri merupakan oleh-oleh khas Lampung yang nikmat dan sayang untuk dilewatkan.
Rasa manis dari oleh-oleh ini terbilang pas, menentang lebih maupun kurang sehingga memberi kesan nikmat untuk mereka yang mencobanya.
11. Keripik Nangka
Keripik Nangka via Lovelylampung
Kamu mungkin sering menikmati keripik nangka di ber- aneka ragam daerah di Indonesia. Pengolahan yang mudah membuat keripik ini mudah diproduksi. Bahannya pun mudah karena bisa ditemui di beragam pasar di Indonesia. Dengan semua hal, wajar kalau keripik nangka yaitu cemilan yang benar di ber- aneka ragam daerah di Indonesia.

Tapi, walau Kamu sudah menikmati keripik nangka dari banyak daerah di Indonesia, Kamu wajib mencoba keripik nangka dari Lampung.
Di samping lezat, oleh-oleh khas Lampung ini juga memiliki cita rasa yang khas, yang membedakannya dari keripik nangka pada umumnya. Selain itu teksturnya juga sangat pas. Sehingga sekali digigit, keripik ini bija menggoyang beradu lidah Kamu.
Soal harga, kudapan nikmat ini terbilang murah, karena hanya dibanderol dengan harga Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkus (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).
12. Sambal Lampung
Sambal Lampung via IG @faraherda

Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang wajib kamu bawa pulang selanjutnya yaitu sambal Lampung yang terkenal sangat enak, dan memiliki citarasa yang pedas.
Tersua banyak pilihan sambal Lampung yang bisa kalian cobain, seperti sambal goreng udang, sambal cuka, sambalijoLampung, sambal bawang Lampung, sambal ikan peda, serta sambal tempoyak dan seruit yang punya citarasa menggoda.
Biasanya sambal khas Lampung ini dibanderol dengan harga kurang lebih Rp25.000 per botol. Namun untuk jenis sambal tempoyak dan seruit ini tidak bertahan lama sehingga jika kalian membelinya harus segera dimakan.
Untuk sambal tempoyak ini terbuat dari hasil fermentasi durian yang dicampur dengan cabai, sementara untuk sambal seruit dibuat dengan selumbar dasar ber- aneka ragam jenis ikan sungai, seperti ikan belide, baung, dan layis.

Lapis Legit via IG @diannoviantir

Oleh-oleh khas Lampung yang bisa kalian bawa pulang selanjutnya yaitu kue lapis legit yang biasanya disebut kue spekuk.
Kue ini sudah sangat legend sekali, karena sudah benar puluhan malahan ratusan tahun lalu dan masih bertahan hingga kini. Untuk harga kue ini memang tebakan mahal yakni sekitar Rp300.000 – Rp800.000 untuk sayu loyang dengan berat 350 gram.
Untuk membuat kue lapis legit ini satu loyang membutuhkan sampai 21 butir telur serta selumbar lainnya, sehingga tekstur kue lapis legit ini sangat lembut, malahan pada gigitan pertama tentang terasa sangat nikmat sekali.

14. Bakso Sony
Bakso Sony via IG @althasshop

Bakso sony ini sudah sangat legendaris di Lampung. Menjadi salah satu makanan paling digemari karena selumbar pembuatannya yang terpilih, dimana hanya menggunakan daging urat pilihan dari sapi yang telah memiliki label halal MUI.
Lebih-lebih lagi dengan kuah kaldunya yang kental dan terasa nikmat di beradu lidah, pasti tentang membuat siapa saja ketagihan. Nah, kalau kalian mau membawa pulang bakso sony ini, kamu bisa membawanya yang dalam peristiwa beku.
Bakso sony sudah tersedia dalam kemasan frozen food, sehingga kalian bisa membawanya bagaikan oleh-oleh untuk kerabat yang benar di rumah.
Untuk kemasan bakso beku sony ini benar sekitar 50 buah atau seberat 1 kg dibanderol dengan harga Rp85.000 saja. Tertarik untuk membawa bakso sony beku ini bagaikan oleh-oleh khas Lampung kalian?

15. Browkis
Browkis via IG @heelsandspice

Browkis ini merupakan salah satu produk olahan yang bermula dari pisang. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa Lampung merupakan salah satu sentra penghasil pisang.
Kreativitas masyarakat Lampung untuk menghasilkan produk dan nilai tambah dari pisang berhasil menciptakan ber- aneka ragam kreasi panganan yang enak.
Tahukah kamu, bahwa brwokis ini sendiri merupakan olahan dari limbah kulir pisang. Kulit pisang? Ya, browkis sendiri merupakan kepanjangan dari brownies kulir pisang.
Cemilan yang unik dan menarik ini menjadi salah satu panganan jaminan barang kota Pabean Lampung. Meski terbuat dari olahan kulit pisang, kamu tidak perlu khawatir, karena kulit pisang ini sudah melalui proses sedemikian rupa, sehingga tetap rukun untuk dikonsumsi.
Untuk kamu yang penasaran dengan browkis ini, kamu bisa mendapatkannya di Browkis House yang alamatnya benar di Jalan M. Yunus, Gang Sukrawijaya No 83, Kota Pabean Lampung.

Bejak Enjak via IG @jajanpasarlampung

Bejak enjak juga bisa kalian jadikan bagaikan oleh-oleh khas Lampung selanjutnya. Pangan yang satu ini merupakan jajanan tradisional khas Lampung dengan rasa yang manis serta gurih saat digigit.

Kuliner khas Lampung yang satu ini memiliki kendungan serat dan karbohidrat yang tinggi, sehingga sangat ampuh untuk kita konsumsi. Incaran untuk membuat jajanan pasar khas Lampung ini terdiri dari campuran gula, pisang raja, dan ketan putih yang dikukus dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.
Jajanan pasar ini sangat cocok untuk kalian jadikan oleh-oleh lho, karena bisa bertahan cukup lama. Masyarakat Lampung yang tinggal di kawasan pesisir selatan kerap menyebut bejak enjak ini dengan sebutan  bebai makhing. Bejak enjak ini bisa kalian temukan diberbagai toko oleh-oleh khas Lampung.

Lampung Bona Cake

Tersua juga lampung bona cake yang merupakan salah satu kuliner kekinian Lampung yang bisa kalian jadikan bagaikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.
Lampung bona cake ini mirip dengan japanese cheese cake. Tekstur kue ini sangat lembut. Tersua banyak varian rasa yang bisa kamu beli, untuk yang paling populer yaitu Cheese Delight dengan topping dan isi keju cheddar
Untuk kalian yang tertarik membeli kue kekinian dari Lampung ini, kamu mesti mengeluarkan kocek mulai dari Rp65.000  per kotaknya. Silahkan langsung saja datang ke Jalan Raden Intan No 99, kota Pabean Lampung.

Coba juga varian lain yang mesti kamu beli yaitu varian Chocomaltine yang ditambah isian cokelat serta topping berupa taburan kelapa, cokelat arsir, dan kacang almon.
18. Pempek Khas Lampung

Pempek Khas Lampung via IG @pempek_vina

Pempek ternyata bukan cuma makanan khas Palembang atau makanan khas Jambi saja, karena Lampung juga punya pempek mereka sendiri.
Pempek khas Lampung ini dibuat dengan menggunakan ikan tenggiri dan ditambahkan dengan kuah pempek yang lebih pekat ketimbang pempek Palembang.
Kalau ke Lampung, kamu juga bisa membawa pempek khas Lampung ini bagaikan oleh-oleh untuk buah tangan. Lebih-lebih lagi pempek ini bisa bertahan cukup lama, dan kini sudah benar kemasan khusus yang praktis untuk dibawa pulang. Harga pempek ini biasanya dibanderol sekitar Rp100.000 per kemasan dengan isi 20 buah pempek campur.

Kopi Durian via IG @ameliabintiismanto

Sangking banyaknya durian di Lampung, membuat masyarakatnya membuat kreasi buah durian menjadi kopi. Kamu bisa mendapatkan kopi khas Lampung dengan tambahan ekstrak durian.

Butuh inovasi teknologi yang terbaru untuk bisa mengkreasikan buah durian ini dengan biji kopi mudah-mudahan bisa menyatu dengan sempurna.
Karena rasanya yang mantap, membuat kopi durian ini banyak diburu oleh wisatawan yang hendak beranjak dari Provinsi Lampung.
Kopi durian ini biasanya dipadukan dari kopi jenis robusta dengan daging buah durian yang begitu manis. Rasanya bija bikin nagih.
Kamu tentang disuguhkan oleh harumnya durian yang dipadukan dengan tajamnya citarasa kopi. Buat kalian para pecinta kopi, wajib amat untuk membawa pulang kopi durian ini untuk oleh-oleh, kamu bisa membawa pulang kopi durian ini dengan tiga kemasan berbeda, mulai dari yang 100 gram dengan harga Rp15.000, 250 gram Rp30.000, dan ukuran saset kecil 15 gram Rp3.000.

20. Engkak
Engkak via Youtube.com (Yuniar Loli Kitchen)
Berikutnya, benar kue negkak yang bentuknya tebakan mirip seperti kue lapis legit, sehingga tidak jarang juga orang yang menyebut engkak ini bagaikan lapis legit.
Incaran pembuat engkak ini terbuat dari selumbar utama beras ketan sehingga engkak ini memiliki citarasa yang tebakan berbeda.
Engkak ini menawarkan citarasa yang manis serta nikmat, menjadikan kue ini bagaikan salah satu jajanan pasar yang banyak diburu oleh wisatawan yang mencari oleh-oleh.

21. Dodol Pandan
Dodol Pandan
Kreasi panganan berupa dodol pandan ini ternyata tidak kalah dengan dodol yang benar di Garut sana lho. Pasalnya, cemilan khas Lampung ini menggunakan daun pandan bagaikan selumbar campuran yang menambah citarasanya yang harus dan berwarna cerah.
Dodol pandan ini memiliki bau yang wangi, berbeda dengan dodol pada umumnya. Salah satu dodol pandan khas Lampung yang terkenal yaitu produk dodol Ny. Wie.
22. Kerupuk Cumi
Kerupuk Cumi
Selanjutnya kamu juga bisa membawa pulang kerupuk cumi untuk dijadikan bagaikan buah tangan untuk dibawa pulang dari Provinsi Lampung.
Kerupuk cumi ini punya banyak manfaat lho untuk kesehatan, karena memiliki kandungan berupa protein 17%, omega 3, kecut amino, dan vitamin B.
Kerupuk cumi khas Lampung ini terbuat dari cumi segar, sehingga menghasilkan kualitas kerupuk terindah. Kamu bisa menemukan kerupuk cumi di Lampung dengan ber- aneka ragam merk.
Untuk selumbar pembuatan kerupuk cumi ini sendiri terdiri dari cumi segar, garam, tepung terigu, dan bahan-bahan lain. Kalau kamu berminat untuk membawa pulang kerupuk cumi ini, kamu bisa membelinya di PD Kiki Bangka Food Pabean Lampung – Indonesia dengan kemasan yang terdapat label Cap Raja Cumi Superior Quality.
Selain itu, benar juga merk lain kerupuk cumi yaitu kerupuk cumi Cumi Mekarsari. Kedua kerupuk cumi ini sudah memiliki izin P-IRT dari dinas setempat, termasuk BPOM. Harga kerupuk cumi ini sendiri yaitu Rp 25.000 saja per 150 gram.
23. Sambal Lingkung
Sambal Lingkung via Cookpad
Berikutnya benar juga sambal lingkung yang sekilas bentuknya tebakan mirip dengan abon. Sambal lingkung sendiri ini dibuat dengan menggunakan ikan tenggiri, dengan citarasa yang nikmat dan gurih.
Sambal lingkung ini walaupun tebakan mirip dengan abon tentang tetapi bumbu yang digunakan berbeda, sambal lingkung ini menggunakan bumbu khas sendiri.
Kamu bisa menjadikan sambal ini bagaikan buah tangan untuk dibawa pulang, karena sambal ini bisa bertahan lama, dan kita bisa menemukan sambal ini dengan mudah di ber- aneka ragam toko oleh-oleh khas Lampung.
24. Bolu Tape
Bolu Tape
Berikutnya benar boku tape yang punya rasa yang enak. Tapi saja sudah enak dimakan, manalagi kalau diolah menjadi panganan lainnya.
Tape yang terbuat dari ketan atau ubi kayu yang difermentasi ini kemudian diolah dengan bahan-bahan pembuat bolu berupa telur, garam, gula, vanilli, dan tepung terigu. Pasti rasanya lebih enak.
Boku tape ini memiliki citarasa yang manis dan legit plus tekstur yang lembut, kamu pasti tentang ketagihan sekali menggigit bolu tape ini, untuk mendapatkan kue bolu tape ini kamu bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh seperti Yen Yen dan Suseno.
25. Abon Jamur
Abon Jamur
Selama ini mungkin kamu sudah tidak aneh lagi dengan abon yang terbuat dari daging ampuh itu dari daging sapi, kambing, mandung, malahan daging belut.
Nah, macam mana kalau abon dibuat tidak menggunakan daging hewan tersebut, tentang tetapi dibuat dengan menggunakan daging jamur?
Pasti menarik nih, karena cukup unik kalau abon dibuat dari jamur. Nah, kamu bisa mencoba abon jamur tiram yang merupakan kreasi masyarakat Lampung karena untuk mendapatkan jamur tiram ini sangat mudah, sehingga mereka membuat inovasi menjadi kuliner yang lebih enak.
Bukan tanpa sebab kenapa menggunakan jamur tiram, selain mudah untuk didapatkan, jamur tiram ini juga memiliki kandungan antioksidan, protein serta serat yang tinggi, sehingga sangat ampuh untuk kesehatan pencernaan.
Memang, untuk proses pembuatan abon jamur ini terbilang sulit ketimbang membuat abon dari selumbar lainnya. Namun hasil yang didapat tentu sesuai dengan usaha yang dilakukan.
Abon jamur ini sangat pas sekali untuk dinikmati bersama nasi hangat, dengan citarasa yang gurih tentang sangat menyatu juga dengan serbaserbi lauk kulineran trik bermain judi slot online yang lainnya.
Untuk bahannya sendiri, dibutuhkan juga garam, gula, kacang tanah, minyak goreng, dan rempah lain tentang mendukung cita rasanya. Untuk kamu yang ingin membawa pulang abon jamur tiram ini bisa mendapatkannya dengan mengeluarkan kocek sekitar Rp25.000 untuk abon jamur 80 gram.
26. Lele Gas
Lele Gas via 876fm
Lampung juga merupakan salah satu daerah yang menghasilkan ikan lele berlimpah, kamu bisa menjumpai berjejer penjual pecel lele di seluruh sudut Lampung.
Lele tabun ini merupakan salah satu kuliner hasil kreasi masyarakat Lampung yang ingin memberi nilai tambah produk lele mereka.
Untuk proses pembuatan lele tabun ini, lele diasapi terlebih dahulu dengan api yang tebakan jauh ini. Untuk lele yang digunakan yaitu jenis lele dumbo (jumbo) karena lele jenis ini ukurannya lebih besar dan stoknya juga berlimpah.
Untuk kamu yang ingin membeli lele tabun ini bagaikan oleh-oleh kamu bisa membelinya di toko Ikan Gas AAK SOEHARTO. Toko ini menyediakan lele tabun yang sudah dikemas dengan plastik tebal yang memiliki berat 250 gram.
Produsen kuliner lele tabun ini sudah mengantongi izin Dari departemen kesehatan P-IRT yang dijual dengan harga 36.000. Kuliner ini bisa bertahan cukup lama. Kalau berminat silahkan kamu menuju ke Kabupaten Pringsewu.
27. Gantungan Kunci Siger
Gantungan Kunci Siger
Siger merupakan salah satu ikon dari Pabean Lampung selain gajah tentunya. Siger sendiri merupakan mahkota dari pengantin wanita yang memiliki warna emas dengan bentuk segitiga dengan cabang tujuh sampai sembilan.
Karena sudah sangat populer bagaikan ikon dari Provinsi Lampung, kamu juga bisa menemukan dengan mudah ber- aneka ragam souvenir yang berbentuk siger ini dengan beragam ukuran.
Kamu bisa mendapatkan gantungan kunci berupa miniatur siger dengan harga mulai dari Rp 15.000 per buah. Siger ini juga melambangkan sifat feminin wanita ini dibuat dengan ber- aneka ragam warna dan bentuk.
28. Kaos Lampung
Kaos Lampung
Kurang lengkap rasanya kalau sudah bertandan ke Lampung tapi tidak membeli kaos khas daerah Lampung. Tersua banyak penjual kaos yang bertuliskan ber- aneka ragam quote khas Lampung yang keren dan menarik.
29. Kerupuk Udang
Kerupuk Udang via Bukalapak
Untuk kamu yang berkunjung ke Lampung Barat, maka kamu bisa membawa pulang kerupuk udang ini bagaikan oleh-oleh. Kerupuk yang bermula dari daerah Lampung Barat ini dibuat dengan menggunakan selumbar berupa tepung tapioka atau terigu kemudian diberi tambahan berupa gilingan daging udang, plus garam, telur, dan bumbu penyedap.
Untuk kamu yang berminat ingin membeli kerupuk udang yang berwarna tebakan kekuningan ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp30 ribu untuk berat 15 gram.
Oleh-oleh yang satu ini memiliki citarasa yang nikmat dan gurih, kalian bisa mendapatkan kerupuk udang ini diberbagai toko oleh-oleh yang benar di Lampung.
30. Keripik Singkong
Keripik Singkong
Keripik singkong sebenarnya bisa dibilang sudah menjadi cemilan orang Indonesia pada umumnya. Karena negara kita memang merupakan salah satu penghasil singkong.
Kalau ke Lampung, kamu juga bisa menemukan oleh-oleh berupa keripik singkong khasnya. Kamu bisa menemukan ber- aneka ragam merk dagang keripik singkong dari Lampung, salah satu yang terkenal yaitu keripik singkong cam Salam.
Keripik singkong cap salam ini terkenal karena bumbunya yang khas dengan citarasa yang unik dan gurih tentunya. Lebih-lebih lagi untuk yang rasa pedas, sangat enak, cocok di beradu lidah kita.
Untuk masalah perizinan, keripik singkong cap salam ini sudah mengantongi izin P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga) sehingga produk keripik singkong cap salam ini semakin dikenal dan dipercaya oleh pembeli,
Untuk kamu yang berminat membeli keripik singkong ini, kamu bisa mencobanya 2 varian rasa sambal yakni sambal merah atau balado dan cabai hijau. Untuk kemasan keripik singkong ini beratnya yaitu 250 sampai 425 gram dihargai Rp26 ribu dengan kemasan khusus makanan.
31. Kerupuk Ikan Tenggiri
Kerupuk Ikan Tenggiri
Selain benar kerupuk udang, Lampung juga punya kerupuk ikan tenggiri khas daerah mereka. Kerupuk yang sangat enak untuk dicemil atau dijadikan teman kulineran trik bermain judi slot online ini dibuat dengan menggunakan tepung tapioka kemudian ditambahkan dengan gading ikan tenggiri bersih.
Ikan tenggiri ini termasuk salah satu ikan premium yang banyak diolah menjadi serbaserbi makanan, tentu saja harga ikan ini juga lebih mahal.
Untuk bahan-bahan pembuat kerupuk ini sendiri terdiri dari tepung tapioka, ikan tenggiri, bawang putih, telur, ketumbar, soda kue, dan gula pasir.
Untuk proses pengolahan dari bancuhan tersebut yakni, bancuhan dikukus kurang lebih 3 jam, kemudian dibiarkan dingin, lalu dipotong sesuai keperluan. Untuk kamu yang ingin membeli kerupuk ikan tenggiri ini harganya yaitu Rp20.000 sampai Rp30.000 per kemasan 200 gram.
32. Sambal Terasi
Sambal Terasi
Buat kalian pecinta kuliner pedas, maka sambal terasi khas Lampung ini wajib amat untuk kamu cobain. Sambal terasi khas Lampung ini menjadi salah satu jaminan barang kuliner Lampung yang memiliki citarasa yang nikmat.
Untuk membuat sambal terasi ini dibutuhkan selumbar berupa terasi cabai, bawang putih dan garam, kemudian selumbar tersebut diolah dengan tambahan daging udang bagaikan pelengkap yang dominan.
Sambal terasi udang ini begitu digemari oleh banyak orang, salah satu merk dagang yang paling digemari yaitu Sambal Terasi Lampung Cap Udang 88 Yenyen.
Digemari karena Rasa terasi Yen Yen ini sangat kuat, manalagi rasa pedasnya yang membuat kita ketagihan. Kamu bisa membawa pulang sambal terasi udang ini dalam bentuk kemasan botol dengan berat 250 gram seharga Rp35.000, silahka kamu menunu ke Jl. Ikan Kakap No.86, Pesawahan Tlk. Betung Sel., Kota Pabean Lampung.
33. Kopi Ulubelu
Kopi Ulubelu
Satu lagi kopi khas Lampung yang layak untuk kamu jadikan bagaikan buah tangan, yakni kopi dengan merk dagang ulubelu.
Kopi ulubelu ini berasam dari daerah ulubelu yang benar di kabupaten Tanggamus. Kopi ini malahan sudah masuk pasar Internasional, karena memiliki citarasa yang khas.
Kopi robusta ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kopi robusta lainnya, yaitu kopi ulubelu ini memiliki rasa kecut serta aromanya yang mirip cokelat. Bentuk dari biji kopi ulubelu sendiri lebih bulat.
Penyebab kopi ulubelu ini berbeda dengan kopi robusta lain yaitu karena faktor tanah dan cahaya pada daerah Ulubelu yang sangat tepat ransum kopi robusta.
Kamu bisa membawa pulang kopi ulubelu ini dengan merk dagang “Kopi Ulubelu Lampung”. Untuk packing kopi ini sudah sangat cantik, dan sangat wajar kalau sudah masuk pasar internasional.
Untuk jenisnya, kopi ulubelu ini memiliki beberapa varian rasa yang berbeda, kamu bisa mencoba Kopi Ulubelu Original, Kopi Ulubelu Gold, Kopi Ulubelu Lanang, dan Kopi Ulubelu Spesial Limited.
Untuk harga kopi ulubelu ini setiap 150 gram kemasannya dibanderol dengan harga Rp25 ribu saja untuk yang orisinal, sementara untuk yang gold harganya mencapai Rp40 ribu.
Sambangi juga: 19 Tirta Terjun di Lampung
34. Pempek Nori
Pempek Nori
Berikutnya benar pempek nori yang terkenal enak yang bisa kalian jadikan bagaikan buah tangan untuk kerabat atau tetangga sepulangnya dari Lampung.
Pempek nori ini sangat terkenal sekali di Lampung, menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib amat untuk dibawa pulang, karena rasa dari pempek ini berbeda dengan pempek lainnya. Pempek nori ini rasa keju lho, unik bukan?
Pempek nori ini dibuat dengan selumbar pembuat pempek pada umumnya, seperti tepung kemudian ditambahkan juga dengan ikan tenggiri, dan yang membuat pempek nori ini berbeda yaitu karena diberi isian keju, malahan benar beberapa varian dari pempek nori ini.
Untuk harga pempek nori ini sendiri mulai dari  Rp110.000 untuk beberapa jenis pempek. Sementara mudah-mudahan lebih hemat kamu bisa membeli pempek paketan berisi 40 pcs dalam kardus dari 4 varian (keju, adaan, telur, dan lenjer) yang dijual sehargga Rp175.000 saja.
35. Stik Keju
Stik Keju
Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung selanjutnya yaitu cemilan yang bisa kita nikmati saat sedang santai, untuk teman nonton TV, main HP dan kegiatan santai lainnya.
Stik keju ini terbuat dari keju berkualitas keju craft, kemudian juga dari minyak nabati, sagu tani, garam, telur, serta bumbu-bumbu lain.
Stik keju ini merupakan cemilan sehat yang kaya tentang kandungan nutrisi, seperti kecut folat, vitamin B12, dan vitamin A yang indah untuk kulit.
Pihak produsen keju craft sendiri sudah mengizinkan produk stik keju ini memajang nama craft pada kemasannya. Hal ini tentu menjadi daya tarik sendiri, karena craft sudah terkenal bagaikan salah satu penghasil produk keju terindah saat ini.
Untuk kamu yang tertarik membeli stik keju craft ini kamu bisa mendapatkan dengan kemasan 200 gram dengan harga Rp23.000 sementara untuk yang 400 gram dengan harga Rp45.000.
36. Sambal Teri
Keripik Sambal Ikan Teri Orisinal Lampung 250 Gram
Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang terkebela= kang dari kami yaitu sambal teri yang memiliki rasa yang sangat enak. Sambal yang dibuat dari selumbar dasar ikan kecil yang disebut ikan teri ini sangat unik lho, karena memiliki rasa yang pedas gurih, kamu pasti tentang ketagihan setelah mencobanya.
Lampung sendiri juta termasuk salah satu penghasil ikan teri terbesar selain Medan dan Sumatera Barat untuk wilayah Sumatera, sehingga tidak heran kalau daerah ini memiliki inovasi olahan kuliner dari ikan teri yang mereka kemas dengan kemasan yang lebih modern.
Kalau kalian tertarik ingin mendapatkan sambal ikan teri dari Lampung yang enak dan sudah terkenal, maka kamu bisa mencoba sambal ikan teri dengan merk dagang  “Raja Ikan” yang terlihat jelas pda stadium kertas penutup kemasan, yang sebenarnya nama dari produk ini.
Untuk produsen aslinya sebenarnya yaitu Yen Yen yang memiliki logo mandung. Dikemas Harganya mulai dari Rp45.000, kalau kamu beli dalam jumlah banyak pasti tentang lebih murah.
*                *                *                *                *
Nah, itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Lampung yang perlu Kamu ketahui dan perlu Kamu beli ketika  berkunjung ataupun sekedar singgah di Lampung.
Dengan informasi tersebut, kini Kamu mengetahui jika Lampung yang selama ini dikenal bagaikan kota transit dan penghubung dari Sumatera ke Jawa atau walaupun, nyatanya memiliki beragam oleh-oleh khas.
Di mana, oleh-oleh khas tersebut bisa Kamu dapatkan degan mudah di ber- aneka ragam gerai maupun toko-toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh sudut Lampung.

Baca juga: Liburan dan bermain slot anti rungkad Edukasi ke Museum Lampung

Baca juga: Begini Cara Menang Main Slot Selama Liburan

Most Popular Articles